Mengenal Tombol Utama Keyboard

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.


Struktur Tombol Keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program. Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

1. Tombol Ketik (Typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Tombol Angka (Numeric Keypad)
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).



Fungsi Tombol Keyboard
Seringkali pada saat kita mengetik di komputer, tombol-tombol pada keyboard yang begitu banyak, rasanya sangat membingungkan. Akan tetapi apabila kita mau mempelajari, ternyata banyak sekali keuntungannya. Setiap tombol yang ada pada keyboard, memiliki fungsi-fungsi yang akan mengaktifkan sesuatu atau menjalankan sebuah perintah. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui fungsi-fungsi utama pada keyboard. Berikut ini beberapa fungsi utama dari tombol keyboard yang ada, diantaranya :

1. Tombol ESC (Escape)
Adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.

2. Tombol TAB (Tabulasi)
Pada Windows dialog, menekan tombol TAB (Tabulasi) berarti pindah ke field atau daerah isian, tombol pilihan atau posisi pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB (Tabulasi) berarti melompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.

3. Tombol Caps Lock (Capitals Lock)
Berfungsi mengaktifkan dan mengunci seluruh tombol abjad (tombol huruf) pada keyboard menjadi huruf capital (huruf besar) pada saat melakukan pengetikan.

4. Tombol Shift
Memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:
  • Mengaktifkan tombol bagian atas pada sebagian tombol keyboard yang memiliki isi ganda. Misalkan saja pada deretan tombol-tombol angka yang memiliki karakter pada dibagian atasnya.
  • Membantu menjadikan huruf capital sesaat. Pada saat kita menekan dan menahan tombol shift dan ditambah dengan tombol huruf, maka akan menghasilkan huruf capital. Apabila tombol caps lock sedang aktif maka hasilnya adalah kebalikannya.
  • Membantu memilih obyek secara banyak dan atau berurutan. Yang dimaksud dengan obyek di sini misalnya: file, teks, image/gambar, dan lain sebagainya.
  • Membantu untuk mengoperasikan shortcut (jalan pintas).

5. Tombol CTRL (Control)
Juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:
  • Membantu untuk mengoperasikan shortcut (jalan pintas). Bagian ini akan berfungsi apabila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya. Misalnya tombol C atau yang biasa disebut juga CTRL+C (Copy), ini akan berguna untuk menyalin/menggadakan suatu objek yang dipilih (di—blok) ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan/diletakkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan tombol CTRL+V (Paste).
  • Membantu memilih obyek secara banyak namun tidak berurutan (memilih secara acak). Sama seperti pada tombol shift, yang dimaksud dengan obyek di sini misalnya: file, teks, image/gambar, dan lain sebagainya. Cara mengoperasikan fungsi ini biasanya dibantu dengan dengan klik atau drag (menahan klik kiri dan menggesernya) pada mouse.

6. Tombol Windows Logo
Tombol yang berlambang logo windows memiliki beberapa fungsi. Antara lain:
  • Mengaktifkan start menu windows.
  • Membantu melakukan/mengoperasikan shortcut windows.

7. Tombol ALT (alto/alternative)
Beberapa fungsinya antara lain:
  • Mengaktifkan menu pada program(aplikasi). Biasanya, ALT dibantu dengan huruf yang bergaris bawah pada menu program.
  • Membantu melakukan/mengoperasikan shortcut windows. Misalnya apabila penggunaannya dipasangkan dengan tombol F4 atau yang biasa ditulis Alt+F4, maka akan menutup program yang sedang aktif. Apabila tidak ada program yang aktif, maka akan menampilkan kotak dialog ShutDown pada Windows.

8. Tombol Space Bar (spasi)
  • Menambahkan karakter kosong pada penulisan teks.
  • Memilih/meng—OK tombol terpilih pada kotak dialog windows.
  • Pada beberapa pengoperasian, bisa juga menggantikan klik pada mouse.

9. Tombol Keyboard Right Click (klik kanan keyboard)
Adalah tombol yang kegunaanya sama dengan klik kanan pada mouse. Lambang tombol ini adalah kotak dengan anak panah di tepi kanannya. Biasanya terletak di samping kanan tombol windows logo bagian kanan.

10. Tombol Enter
Adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan atau juga selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada saat proses pemasukan/pengetikan text.

11. Tombol Backspace
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor/pointer terhapus. Tombol yang berlambang anak panah ke kiri ini, pada beberapa keyboard tidak disertakan namanya, namun hanya ditampilkan lambangnya saja. Ini tergantung dari desain pabrikan yang memproduksinya.

12. Tombol Arah (navigasi)
Tombol yang berlambang anak panah ke kiri, kanan, atas, dan bawah ini berfungsi menggerakan penunjuk karakter (kursor/pointer) sesuai arah anak panah bersangkutan.

13. Tombol DEL (Delete)
Tombol ini berguna pada saat proses pengetikan, management file, maupun management obyek.
  • Pada proses pengetikan, menekan tombol DEL (Delete) akan menghapus satu karakter (huruf) disebelah kanan kursor/pointer.
  • Pada saat memanagement file, menekan tombol DEL (Delete) akan menghilangkan file yang terpilih.
  • Pada saat memilih obyek di dalam lembar kerja sebuah program/aplikasi, menekan tombol DEL (Delete) akan menghilangkan obyek tersebut. Yang dimaksud dengan obyek di sini misalnya: foto, teks, kata, kalimat, paragraph, image/gambar, dan lain sebagainya.

14. Tombol INSERT
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Insert akan melakukan penulisan dengan menimpa/menggantikan/menyisipkan huruf yang telah ada.

15. Tombol Home
Berguna pada saat proses pengetikan dan pada tampilan halaman. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada. Apabila pada halaman pada program-program tertentu, ini akan mengarahkan pada awal halaman.

16. Tombol End
Berguna pada saat proses pengetikan dan pada tampilan halaman. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada. Apabila pada halaman pada program-program tertentu, ini akan mengarahkan pada akhir halaman.

17. Tombol Page Up
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Up akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada.

18. Tombol Page Down
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Page Down akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada.

19. Tombol PRINT SCREEN
Berfungsi untuk mengambil gambar/foto/image yang ada saat menekan tombol tersebut. Ini sangat berguna pada saat pembuatan buku.

20. Tombol SCROLL LOCK
Penguncian tombol untuk layar agar tidak menggulung ke atas atau ke bawah jika ditekan tombol Up(atas); Down(bawah); Left(kiri); Right(kanan); PageUp(ke halaman atas); PageDown (ke halaman bawah). Pada software, fungsi ini jarang diberikan peran. Tetapi masih digunakan sampai sekarang.

21. Tombol PAUSE BREAK
Tombol ini berfungsi untuk mengubah kondisi komputer menjadi stand by. Namun pada beberapa kasus komputer, tombol ini tidak berfungsi.

22. Tombol NUM LOCK
Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi tombol numerik yang berada di sebelah kanan pada keyboard.

23. Tombol F1 – F12 
Adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan. F2 biasanya digunakan untuk mengedit teks atau merubah nama file (Rename). Silahkan untuk mencoba mencari fungsi lain tombol F1 – F12.

Silahkan DOWNLOAD artikel dalam bentuk Pdf.
no image
Item Reviewed: Mengenal Tombol Utama Keyboard 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!